Monday, February 18, 2013

KINDNESS...




Ngomongin Orang Baik itu seperti apa siy? Mother Theresa? Dalai Lama? Paus? Jokowi?
Kalo kita ngomong tentang orang baik, apa yang menjadi tolak ukur seseorang sehingga dia bisa dibilang orang baik..?
Menurut gw, pada dasarnya semua orang itu memiliki kebaikan masing-masing. Bahkan orang jahat pun pasti mempunyai kebaikan. Mungkin baik sama istrinya, anaknya, orang tuanya. Kenapa dia bisa bertindak jahat? Sebenarnya, kejahatan itu pun relatif. Kalo orang yang jadi korban maling, pasti dia bilang malingnya orang jahat. Tapi maling itu berbuat seperti itu, mungkin karena punya anak di rumah yang kelaparan dan sakit. Dia kepepet, akhirnya jadi maling, supaya bisa beli makanan dan obat untuk anaknya yang sakit. Bagi anak itu, orang itu adalah  malaikat.

Kamu tau almarhum Presiden Soeharto..?
Beliau mempunyai seekor burung beo yang sangat setia dan baik.
Ketika beliau tidak menjabat sebagai presiden RI lagi, ketika semua orang yang tadinya baik epadanya mulai melupakannya sebagai orang yang pernah menjadi no1 di Indonesia...
Namun burung beo pak Soeharto selalu menyapa beliau dengan "  "Bapak Soeharto, Presiden Republik Indonesia!". Emang siy, burung beo bukan manusia.. tapi beo ini mengerti akan kebaikan dan tetap setia dengan sapaannya.. 

Jadi Kebaikan itu menurut kamu yang seperti apa..?
Kalo menurut gw kebaikan itu relatif…
Semua orang itu mempunyai kebaikan. Sayangnya, keadaan dan lingkungan kita itu yang membuat kita tidak bisa terus menerus menjadi orang baik. Apakah itu karena masalah keluarga, masalah uang, masalah kerjaan, masalah politik, sosial, dll. Karena keadaan lingkungan di luar kita memaksa kita untuk mengambil tindakan dan keputusan, otak kita lah yang menyerap semua faktor di luar, dan otak itu yang mengambil keputusan, dan kadang-kadang keputusan itu belum tentu bisa menjadi tolak ukur kebaikan seseorang.

Yang paling penting menurut gw, untuk menjadi orang baik itu, dalam mengambil keputusan, jangan sampai menyakiti/ merugikan orang lain. Dalam mengambil tindakan, tindakan itu sebisa mungkin membawa kebaikan bersama.

Sepintar-pintarnya manusia,
Sekaya-kayanya manusia,
Secakep-cakepnya manusia,
in the end only kindness matters.

No comments: